PROYEK

Informasi Proyek Yang Telah Diberikan Penjaminan

21 Jul 2016 AIR MINUM

Proyek SPAM Umbulan - Jawa Timur

Keterbatasan pasokan air minum untuk beberapa kota utama di Jawa Timur, yakni Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kabupaten Pasuruan dan Kota Pasuruan, membuat pemerintah Provinsi Jawa Timur menginisiasi proyek transmisi penyediaan air bersih dari mata air Umbulan di Kabupaten Pasuruan ke 16 bendungan milik PDAM dan PDAB yang terletak di Kabupaten-kabupaten dan kota-kota tersebut. Proyek ini kemudian dinamakan Proyek Sistem Penyediaan Air Minum Umbulan (SPAM Umbulan).

Informasi Proyek

Lokasi Provinsi Jawa Timur
Nilai Proyek Rp 2,057 Miliar
PJPK Gubernur Jawa Timur
Badan Usaha PT Meta Adhya Tirta

Proyek SPAM Umbulan berkapasitas 4.000 liter/detik dibangun berdasarkan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur selaku Penanggung Jawab Proyek Kerjasama dengan PT Meta Adhya Tirta Umbulan selaku Badan Usaha. Nilai proyek SPAM Umbulan mencapai Rp 2 triliun dan memperoleh dukungan kelayakan Rp818 miliar dari Kementerian Keuangan melalui Project Development Fund (PDF).

Pada tanggal 21 Juli 2016, PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) telah menandatangani Perjanjian Penjaminan dengan PT Meta Adhya Tirta dan Perjanjian Regres dengan Gubernur Jawa Timur untuk Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan.  Proyek ini merupakan proyek air dan proyek daerah pertama yang diberikan penjaminan pemerintah melalui PT PII. Sehingga sampai 2016 PT PII sudah memberikan jaminan kepada 8 proyek infrastruktur.

Setelah penandatanganan Perjanjian Penjaminan dan Perjanjian Regres, Proyek SPAM Umbulan pada 30 Desember 2016 telah mencapai financial close. Peresmian financial close ini dilaksanakan di Kemenko Perekonomian dan dilanjutkan dengan penyerahan perjanjian penjaminan antara PT PII dan PT Meta Adhya Tirta Umbulan dan disaksikan oleh Menteri Kemenko Perekonomian, Menteri Keuangan, Menteri PPN dan Menteri PUPR.

BACK TO PROJECT