PROYEK

Informasi Proyek Yang Telah Diberikan Penjaminan

14 Feb 2018 AIR MINUM

Proyek Sistem Penyediaan Air Minum Bandar Lampung

Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Bandar Lampung dimaksudkan untuk meningkatkan pasokan air bersih untuk kota Bandar Lampung, dimana fasilitas yang ada saat ini sudah tidak memadai lagi untuk mengimbangi kebutuhan yang terus meningkat. Keberadaan proyek ini diharapkan untuk memastikan tersedianya pasokan air bersih olahan yang berkualitas dan layak konsumsi bagi masyarakat. Melalui proyek ini, diharapkan adanya perluasan cakupan sambungan pipa air minum untuk melayani 44.000 sambungan baru bagi kota Bandar Lampung yang berpenduduk total 220.000 orang. Begitu juga manfaat dari peningkatan kondisi kesehatan dan sanitasi lingkungan masyarakat yang berdampak pada produktivitas masyarakat.

Informasi Proyek

Lokasi Bandar Lampung
Nilai Investasi Proyek Rp. 750 Miliar
Penanggung Jawab Proyek Pemerintah Provinsi Bandar Lampung

Dengan nilai investasi perkiraan Rp 1 Trilliun, proyek SPAM Bandar Lampung meningkatkan kapasitas pasokan 500 liter/detik air bersih dan distruktur sebagai proyek Built-Operate-Transfer dengan masa konsesi 27 tahun. Proyek SPAM Bandar Lampung juga merupakan proyek pembangunan infrastruktur publik pertama yang akan didukung oleh fasilitas Dukungan Keuangan (DK) dari Pemerintah (Kementerian Keuangan).

Proyek ini didesain untuk mendapatkan penjaminan dari PT PII untuk membantu para investor di dalam proses mendapatkan dukungan pembiayaan dari perbankan sehingga menekan biaya permodalan untuk mendanai proyek ini. Jadwal proyek ini mengalami beberapa penundaan yang disebabkan penerbitan regulasi yang diperlukan serta adanya masa pergantian transisi dari posisi puncak di kementerian keuangan.

BACK TO PROJECT