KEBERLANJUTAN LINGKUNGAN DAN SOSIAL

INFRASTRUKTUR BERKELANJUTAN UNTUK MASYARAKAT INDONESIA

Mendorong Pembangungan Infrastruktur Berkelanjutan untuk Masyarakat Indonesia

Kegiatan operasional PT PII sejatinya tidak memberikan dampak substansial terhadap lingkungan dan sosial, namun kami tetap berkomitmen untuk melakukan pengelolaan dampak negatif yang muncul terhadap masyarakat. Hal tersebut diwujudkan dalam Kebijakan Perlindungan Lingkungan dan Sosial yang diterapkan dalam memberikan penjaminan Proyek, untuk memastikan bahwa Penanggung jawab Proyek telah menerapkan prinsip kehati-hatian sehingga risiko lingkungan dan sosial dapat dinilai, diukur, dipantau, dan dimitigasi secara memadai.

Selain itu, PT PII dalam memberikan penjaminan Infrastruktur akan memastikan Proyek telah memenuhi aspek ketenagakerjaan dan keselamatan kerja, serta berkomitmen untuk mengedepankan perlakuan adil, non-diskriminatif, dan memberikan kesempatan yang sama untuk seluruh orang tanpa membedakan gender atau isu-isu rasial.

 

Prinsip Perlindungan Lingkungan dan Sosial untuk Infrastruktur Berkelanjutan

Sebagai bentuk Komitmen PT PII dalam mengelola dampak lingkungan dan sosial, kami akan melakukan penilaian Proyek untuk memastikan pemenuhan atas Prinsip Perlindungan sebelum memberikan penjaminan Proyek. Kami akan membantu penanggung jawab Proyek dalam penyiapan dan eksekusi proyek dengan tools yang dapat mengidentifikasi risiko lingkungan dan sosial Proyek dan rencana mitigasi risiko yang tepat dan komprehensif. Hal tersebut sebagai upaya meminimalkan dampak negatif Proyek dan mendorong dampak positif Proyek untuk masyarakat.

Sampai dengan saat ini, PT PII telah mendorong Proyek Infrastruktur yang dapat menurunkan emisi karbon untuk meminimalkan dampak terhadap perubahan iklim. Hal tersebut sejalan dengan program pemerintah yang telah berkomitmen berkontribusi secara global dalam penurunan emisi karbon untuk meminimalkan dampak perubahan iklim. Selain itu, PT PII selalu mendorong Proyek-proyek Infrastruktur yang bertujuan dalam memitigasi dan/atau beradaptasi terhadap dampak perubahan iklim.