Kegiatan

Riset & Publikasi

Kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan kegiatan penelitian melalui kerja sama dan kolaborasi dengan berbagai lembaga dan mitra baik domestik maupun luar negeri, dengan memberdayakan dan memfasilitasi para peneliti untuk melakukan penelitian kolaboratif dan mempublikasikan publikasi ilmiah di bidang infrastruktur pada umumnya dan KPBU pada khususnya.

IIGF Institute (IIGFI) bertujuan untuk menjadi institusi yang menghasilkan dan mengembangkan pengetahuan. Hal ini dilakukan dengan penelitian yang berbasis pada metodologi yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Pengetahuan yang dikembangkan tersebut dimanfaatkan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya untuk pembangunan infrastruktur.

Sesuai dengan visi IIGF Institute menjadi institusi berbasis riset kelas dunia dalam pengembangan sumber daya manusia dan ilmu pengetahuan dengan kompetensi utama di bidang penyediaan infrastruktur, Institute dapat menjadi scientific backbone penyelenggaraan riset-riset berkualitas tentang KPBU. Dengan jejaring yang sangat luas, IIGF Institute juga dapat memainkan peran sebagai prime mover yang menggerakkan seluruh elemen pemangku kepentingan berkontribusi memajukan riset KPBU di Indonesia (e.g., lembaga litbang kementerian teknis, kementerian koordinasi, penanggung jawab proyek kerjasama, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat).

Penelitian yang dilakukan IIGF Institute bertujuan untuk:

  1. Menyusun kajian yang dapat digunakan oleh pemangku kepentingan untuk pengembangan proyek infrastruktur publik.
  2. Menyusun kajian sebagai masukan bagi pemangku kepentingan kunci dalam rangka penyusunan kebijakan atau mendorong percepatan pengembangan infrastruktur publik.
  3. Membangun kompetensi dan pengetahuan di bidang infrastruktur publik melalui jejaring Penelitian.