Kegiatan

Peningkatan Kapasitas

Penyediaan infrastruktur merupakan bagian dari kewajiban pemerintah sebagai upaya untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik serta berkeadilan. Hal tersebut juga sejalan dengan beberapa tujuan yang ditetapkan dalam Sustainable Development Goals (SDGs) yang terdiri atas 17 objektif yang salah satunya adalah menyediakan infrastruktur yang resilien. Dalam rangka memenuhi standar penyediaan infrastruktur yang baik, terjaminnya kualitas sumber daya manusia terutama stakeholder terkait adalah syarat mutlak untuk mencegah bottleneck dalam penyediaan infrastruktur.

Kualitas sumber daya manusia dapat ditingkatkan melalui upaya pengembangan kapasitas atau Capacity Building yang berkelanjutan. Dalam hal penyediaan infrastruktur melalui skema Kerjasama antara Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), PT PII hadir melalui IIGF Institute untuk mengadakan kegiatan Capacity Building pada stakeholder di bidang infrastruktur. Demi menunjang pengembangan bisnis sekaligus memberikan edukasi kepada pihak terkait atas proyek infrastruktur dengan skema KPBU, maka PT PII melalui IIGF Institute membangun system pengembangan kapasitas yang dapat meningkatkan kompetensi para peserta.

Urgensi pelaksanaan kegiatan Capacity Building adalah untuk mendukung fungsi PT PII yang tidak hanya sebagai penjamin proyek infrastruktur, akan tetapi juga penjamin mutu dari kapabilitas sumber daya manusianya. Pada akhirnya, dengan kualitas sumber daya manusia yang baik maka akselerasi penyediaan infrastruktur dapat lebih mudah diwujudkan.