icon mobile
Home / Proyek / Proyek Terkini

Jalan Tol Semarang Demak

Tanggal : 23 September 2019


Jalan tol Semarang – Demak merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan panjang total 27 km. Terintegrasi dengan Tanggul Laut yang berlokasi di Kota Semarang hingga Kabupaten Demak, cakupan proyek Tol Semarang – Demak yang ditandatangani ini meliputi pembangunan/konstruksi sepanjang 16.3 km (dari total 27 km) dan pengoperasian (secara keseluruhan 27 km) oleh BUJT. Tol ini akan menjadi jalan tol multifungsi pertama karena akan terpadu dengan pembangunan tanggul laut untuk mengatasi masalah banjir rob yang kerap melanda wilayah Semarang.

Informasi Proyek

   Lokasi

  Semarang - Demak

   Nilai proyek    

  Rp 5,441 Miliar

  Panjang Ruas

 27 Km

   

   PJPK

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

  Badan Usaha

  PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak

  Guarantee Agreement

 23 September 2019

  Durasi Penjaminan

  15 Tahun

 

Direktur Utama PT PII Muhammad Wahid Sutopo menyampaikan bahwa pemberian penjaminan oleh PT PII pada proyek Jalan Tol Semarang – Demak ini salah satunya bertujuan untuk memberikan penjaminan untuk beberapa jenis risiko yang dapat timbul dari alokasi risiko pemerintah.

Dengan dukungan dari Kementerian Keuangan RI dan Kementerian PUPR, hingga saat ini PT PII telah memberikan penjaminan pada 11 proyek tol berskema KPBU. Dengan total 21 proyek infrastruktur dengan skema KPBU telah dijamin oleh PT PII menunjukan bahwa skema KPBU ini telah berhasil diterima oleh masyarakat maupun investor

Kembali