Penandatanganan Kerjasama dengan Bank BTN Untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)

04 FEBRUARI 2021

Di tengah Pandemi COVID-19 yang berdampak terhadap kondisi ekonomi nasional saat ini, PT PII & LPEI berkomitmen mendukung program Pemerintah dalam melakukan percepatan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Sebagaimana diketahui Program PEN dituangkan dalam Peraturan Pemerintah nomor 23 Tahun 2020 dan Peraturan pendukung antara lain PMK 98/PMK.08/2020 tentang Program Penjaminan Pemerintah kepada pelaku usaha Korporasi.

Pada PMK ini ditetapkan bahwa Penjaminan Pemerintah diberikan melalui LPEI dan PT PII atas penyaluran kredit kepada pelaku usaha Korporasi yang terdampak COVID-19 dan memiliki kriteria kegiatan usaha berorientasi ekspor dan/atau padat karya, dengan tujuan untuk melindungi, mempertahankan dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha dalam menjalankan kegiatan usahanya.

Guna memperluas jangkauan dan mengoptimalkan program PEN, Pemerintah melalui Keputusan Menteri Keuangan Nomor 599/KMK.08/2020 tentang Penugasan Kepada LPEI dalam melaksanakan Penjaminan Pemerintah untuk Pelaku Usaha Korporasi dalam rangka pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional, LPEI dapat melakukan Penjaminan bersama dengan PT PII untuk sektor non orientasi ekspor dengan porsi minoritas.

Dalam rangka mewujudkan penugasan tersebut, LPEI kembali bersinergi dengan perbankan dalam hal ini menandatangani Perjanjian Kerjasama antara LPEI dan Bank BTN tentang Penjaminan Pemerintah Untuk Pelaku Usaha Korporasi Dalam Rangka Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional, khususnya sektor non ekspor. Perjanjian LPEI dengan Bank BTN tersebut di tandatangani oleh Direktur Pelaksana I LPEI - Dikdik Yustandi, Direktur Pelaksana II - Agus Windiarto dengan Direktur Consumer & Commercial Lending Bank BTN - Hirwandi Gafar dan disaksikan oleh Direktur Eksekutif Keuangan dan Penilaian Proyek PT PII - Salusra Satria pada (4/02), bertempat di Kantor Pusat LPEI dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Back