PROYEK

Informasi Proyek Yang Telah Diberikan Penjaminan

13 Nov 2020 SEKTOR JALAN

Jalan Tol Yogyakarta Bawen

Pada hari Jumat (13/11) melaksanakan penandatanganan Perjanjian Penjaminan dan Regres untuk proyek Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) yaitu Jalan Tol Yogyakarta – Bawen, di Area Marga Utama Candi Borobudur, Magelang Jawa Tengah. Proyek ini diharapkan memberikan dampak besar terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi regional di Jawa Tengah dan Yogyakarta dan juga dapat meningkatkan konektivitas antar wilayah, terutama akses Semarang - Yogyakarta.

Skema proyek jalan tol sepanjang 75,82 km adalah User Charge dengan masa konsesi selama 40 tahun sejak Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK). Adapun tujuan dari dibangunnya proyek infrastruktur jalan tol ini adalah untuk meningkatkan aksesibilitas antara Semarang dan Yogyakarta, termasuk sebagai salah satu kunci peningkatan pertumbuhan ekonomi regional di Jawa Tengah & Yogyakarta. Selain itu, manfaat tidak langsung proyek ini adalah peningkatan lapangan kerja dengan adanya pembangunan proyek.

Pembangunan proyek Jalan Tol Yogyakarta – Bawen ini adalah kesuksesan lanjutan setelah Jalan Tol Solo – Yogyakarta – NYIA Kulon Progo. Selain dapat menekan biaya, pembangunan proyek infrastruktur juga turut merubah perilaku hidup maupun ekonomi masyarakat.

Kementerian Keuangan melalui PT PII akan memberikan penjaminan yang mencakup risiko keterlambatan pengadaan tanah, risiko keterlambatan pengembalian Dana Talangan Tanah (DTT), risiko keterlambatan penyesuaian tarif, risiko politik temporer dan risiko politik permanen. Penjaminan yang diberikan oleh PT PII tersebut dimaksudkan untuk memberikan kepastian dan kenyamanan bagi investor dalam berinvestasi pada proyek Jalan Tol tersebut.

 

BACK TO PROJECT

Informasi Proyek

Penandatanganan Proyek 13 Nov 2020
Nilai Proyek IDR 17,75 Triliun
PJPK Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)
Badan Usaha PT Jasamarga Jogja Bawen
Karakteristik Total Ruas 75,82 Kilometer
Durasi Penjaminan 15 Tahun
Lokasi Yogyakarta - Bawen